99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Diposting pada

Manfaat Olahraga – Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga yang luas sehingga masih jarang ditemukan orang yang mau berolahraga. Mereka yang hobi berolahraga adalah orang yang mengetahui pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan, sayangnya kesibukan menjadi salah satu hal yang membuat masyarakat enggan dan mengabaikan olahraga.

Manfaat Olahraga6

Loading...

Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui manfaat olahraga segelintir saja. Bahkan ada yang mengaitkan olahraga untuk menurunkan berat badan, sehingga ada juga yang gengsi untuk melakukan olahraga. Padahal sebenarnya manfaat olahraga sangatlah beragam. Oleh karena itu, dianjurkan bagi kita untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan :

1. Menyehatkan organ jantung

Olahraga bisa dilakukan untuk membantu menyehatkan organ jantung karena dengan melakukan berbagai macam gerakan tubuh dapat meringankan kinerja jantung. Apabila kinerja jantung menjadi ringan maka jantung pun akan selalu sehat dan terhindar dari gangguan penyakit jantung.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Aktivitas menggerakan anggota tubuh juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Saat melakukan aktivitas tersebut maka zat antibodi tubuh akan bertambah. Zat antibodi ini bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem imun akan meningkat jika zat antibodi juga meningkat. Dengan adanya sistem imun yang tinggi maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Mencegah resiko obesitas

Obesitas dapat ditanggulangi dengan melakukan gerakan anggota tubuh dengan rutin. Hal ini karena saat menggerakan tubuh maka lemak maupun kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa terbakar. Dengan demikian berat badan menjadi ideal dan tubuh pun tidak akan mengalami kegemukan atau obesitas.

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Lainnya :

4. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

5. Menormalkan tekanan darah

6. Membakar kalori dalam tubuh

7. Menormalkan kadar kolesterol

8. Membuat panjang umur

9. Memperbaiki kualitas insulin dalam tubuh

10. Membuat hati menjadi senang

11. Melancarkan aliran darah

12. Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi

13. Mencegah insomnia

14. Meningkatkan gairah seks

15. Membuat kepercayaan diri meningkat

16. Menjaga keseimbangan tubuh

17. Menjaga fleksibilitas otot

18. Membuat tidur menjadi lebih berkualitas

19. Meningkatkan kinerja otot

20. Meninggikan postur tubuh

21. Membantu keseimbangan hormon

22. Meningkatkan daya tahan otot

23. Mencegah diabetes

24. Membantu pertumbuhan sel

25. Menghilangkan cidera

26. Meningkatkan kekuatan sendi

27. Meningkatkan daya ingat otak

28. Menyehatkan paru-paru

29. Menangkal efek buruk radikal bebas

30. Meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh

31. Meringankan rasa sakit ketika radang sendi

32. Meningkatkan konsentrasi

33. Melancarkan sistem pencernaan

34. Mengurangi resiko kanker usus besar

35. Meringankan kadar asam urat di dalam tubuh

36. Mengurangi resiko kanker payudara

37. Tidak mudah lelah

38. Membuat tubuh lebih berenergi

39. Meringankan gejala mual saat hamil muda

40. Membuat mood lebih stabil

41. Alternatif untuk berhenti merokok

42. Menghindari serangan kanker rahim

43. Meredakan stress

44. Mencegah kekambuhan asma

45. Menghindarkan dari penyakit batu empedu

46. Meredakan sakit punggung

47. Meningkatkan produktivitas

48. Menguatkan ligamen

50. Membuat mental lebih kuat

51. Mengurangi kadar trigliserida dalam darah

52. Memperbaiki diet yang dilakukan

53. Menjaga hubungan dan relasi

54. Menghindari penyakit penurunan kognitif

55. Membuat tubuh lebih tegap

56. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat Olahraga di Pagi Hari :

1. Mencegah resiko alzheimer

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa latihan treadmill dan juga jogging pada pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja otak serta membuat otot menjadi lebih kebal terhadap kelelahan. Hal ini sangat bagus untuk menghindari resiko penyakit alzheimer.

2. Memperkuat sistem imun

Dengan melakukan aktivitas menggerakkan anggota tubuh pada pagi hari bisa membantu merasakan hangatnya matahari yang bersinar dari timur. Sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang selain bagus untuk menyehatkan tulang juga bagus untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh.

Kandungan vitamin D yang berasal dari sinar matahari diolah menjadi antibodi yang berperan sebagai penangkal penyakit. Waktu yang paling tepat untuk mendapatkan vitamin D ini adalah sebelum pukul 9 pagi.

3. Memperlambat penuaan

Saat melakukan aktivitas mengerakkan anggota tubuh maka sistem metabolisme tubuh dapat berjalan lancar. Pertumbuhan sel kulit baru dapat berjalan lebih cepat. Hal ini bagus untuk membantu proses regenerasi sel kulit yang sudah tua. Oleh karena banyak pakar yang meyakini bahwa aktivitas olahraga mampu membantu meregenerasi sel yang sudah tua dan diganti dengan sel yang baru.

Manfaat Olahraga di Pagi Hari Lainnya :

4. Meningkatkan kecerdasan otak

5. Menghilangkan rasa sakit kepala

6. Menyehatkan organ jantung

7. Membantu menjaga kulit agar awet muda

8. Mencegah resiko obesitas

9. Terhindar dari stress

10. Menjadi bersemangat sepanjang hari

11. Membentuk tubuh yang ideal

12. Baik bagi penderita diabetes

13. Memperbaiki kualitas tidur

14. Meningkatkan daya konsentrasi

15. Menjaga ritme untuk selalu produktif

16. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat Olahraga di Sore Hari :

1. Menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu cara melakukan gaya hidup sehat adalah rutin melakukan aktivitas olahraga. Aktivitas tersebut bisa saja dilakukan pada sore hari dengan menggerakkan anggota tubuh dalam segala jenis olahraga yang diminati.

Manfaat dari setiap jenis aktivitas menggerakkan anggota tubuh tersebut mungkin berbeda antara satu dengan yang lain. Namun pada intinya tetap saja aktivitas tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini juga mampu menjadikan otot tubuh semakin kuat. Baik itu jenis olahrga lari, jogging, sit up, berenang ataupun lainnya akan membuat otot tubuh bergerak dan terlatih untuk menjadi sehat.

2. Menjaga kebugaran tubuh

Melakukan aktivitas jogging dapat menjadikan tubuh semakin bugar. Mungkin saat kita melakukan aktivitas jogging untuk yang pertama kalinya rasanya akan lelah dan jenuh. Namun jika kita sudah rutin melakukan aktivitas tersebut maka kita akan terbiasa dan manfaatnya pun bisa kita dapatkan secara berkelanjutan.

3. Memperkuat otot

Melakukan olahraga di sore hari juga dapat membuat otot banyak bergerak. Baik bagian otot tangan maupun otot yang lain akan mengikuti pergerakan. Aktivitas tersebut sangat bagus untuk membuat otot tubuh menjadi lebih kuat. Otot yang terbiasa melakukan gerakan akan berbeda dengan otot yang jarang diajak bergerak.

Manfaat Olahraga di Sore Hari Lainnya :

4. Membantu mengatasi kegemukan

5. Memperkuat tulang

6. Membantu menjaga kesehatan jantung

7. Menjernihkan pikiran

8. Membantu melancarkan sistem peredaran darah

9. Meredakan stress

10. Berkumpul dengan teman-teman

11. Sebagai acara bersantai

12. Menikmati suasa sore hari

Manfaat Olahraga di Malam Hari :

1. Efisiensi waktu

2. Dapat melakukan interaksi sosial

3. Merileksasi otak

4. Dapat mengurangi resiko terkena cidera

5. Terbentuknya otot

6. Membakar kalori

7. Dapat membuat tubuh awet muda

8. Bisa mencegah timbulnya penyakit

9. Terhindar dari pola hidup tidak sehat

10. Menghilangkan racun dan toxin seharian setelah melakukan aktivitas

11. Dapat meningkatkan daya gerak otot tubuh

12. Bisa membantu menanggulangi gangguan tidur

13. Membuat keadaan psikologis menjadi lebih baik

14. Menjadi solusi bagi yang sangat sibuk sekali

Olahraga merupakan aktivitas menggerakkan anggota tubuh yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Jenis kegiatan yang bisa dilakukan ada bermacam-macam sesuai dengan minat anda masing-masing. Selain itu, olahraga juga bisa dilakukan kapan saja baik pagi, sore maupun malam. Banyak yang tidak memiliki waktu berolahraga di pagi hari dan meluangkan waktunya untuk melakukan aktivitas menggerakkan tubuh pada sore hari.

Saat melakukan olahraga dengan rutin maka tubuh kita akan menjadi lebih kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Aktivitas ini juga mampu membentuk berat badan menjadi ideal dan postur tubuh yang sempurna. Dengan demikian rasa kepercayaan diri kita dapat meningkat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *