115 Manfaat dan Khasiat Kayang untuk Kesehatan - Khasiat
Connect with us

15 Manfaat dan Khasiat Kayang untuk Kesehatan

close

Olahraga

15 Manfaat dan Khasiat Kayang untuk Kesehatan

Loading...

Khasiat.co.idKayang dalam kamus Bahasa Indonesia berarti melentingkan badan ke belakang bertumpu pada kedua buah telapak tangan dan kaki menyerupai busur. Dalam yoga kayang disebut juga Chakrasana atau Wheel Pose. Nilai penting dari kayang adalah menempatkan kaki lebih tinggi dan memberikan tekanan pada bahu dan sedikit pada pinggang. Oleh karena itu, hal yang perlu diperhatikan saat melakukan olahraga ini adalah kekuatan otot pada bagian lengan dan bahu.

kayang, manfaat kayang, khasiat kayang

 

Meski terlihat dan terdengar mudah, kayang harus dilakukan dengan benar. Ada dua cara melakukannya. Cara pertama adalah dengan posisi awal berdiri tegak dengan tangan berada di pinggul. Kemudian menekuk kedua lutut dan membusurkan kepala ke arah belakang. Langkah selanjutnya adalah memutar kedua tangan kebelakang hingga menyentuh bidan datar sebagai tumpuan. Yang terakhir adalah kembali ke posisi semuala yaitu berdiri tegak.

Langkah pertama tersebut pada umumnya dianggap sulit dilakukan, oleh karena itu kita dapat menggukanan cara kedua untuk mengakalinya. Cara kedua adalah dengan tidur terlentang dahulu. Pada saat akan memulai dengan cara ini, tumit dirapatkan pada bagian pantat atau pinggul kemudian menelungkupkan kedua tangan di samping kepala. Langkah selanjutnya adalah mengangkat badan secara perlahan dimulai dari pinggul hingga posisi tangan menjadi lurus dan kaki semakin berdekatan. Setelah itu kembali ke posisi semula yaitu tidur terlentang.

Gerakan kayang memang sederhana. Kita tidak memerlukan alat khusus untuk dapat melakukan gerakan ini. Hanya saja jika memang ada, kita hanya membutuhkan matras atau alas yang tidak kasar untuk menjamin kenyamanan. Meski sangat sederhana, olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 15 manfaat olahraga kayang bagi kesehatan yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Menambah kelenturan bahu, perut, dan ruas tulang belakang

Manfaat kayang yang pertama adalah meningkatkan kelenturan (fleksibilitas) bahu, bukan kelenturan pinggang.

2. Menambah kekuatan lengan dan bahu

Pada saat melakukan olahraga ini, tubuh kita bertumpu pada tangan dan kaki. Dengan demikian, jika kita melakukan kayang secara rutin maka otomatis kekuatan lengan kita akan bertambah.

3. Meningkatkan kekuatan otot bagian tubuh lainnya

Selain otot lengan, olahraga ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot bagian paha, perut dan juga pinggang.

4. Terapi gangguan sekitar pinggang seperti nyeri pinggang, pegal linu dll

Sakit pinggang adalah penyakit yang sering menyerang manusia, baik pria ataupun wanita. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh faktor usia ataupun kesalahan saat melakukan aktifitas. Untuk mengurangi gangguan-gangguan di sekitar pinggang, kayang adalah salah satu olahraga yang hendaknya rutin dilakukan. Dengan olahraga ini, peregangan otot disekitar pinggang menjadi lebih kuat.

5. Membantu membentuk tubuh

Olahraga ini dapat membantu mempercepat pembentukan otot tubuh jika dilakukan secara rutin.

6. Membuat tulang punggung tetap sehat dan energik

Tulang punggung merupakan elemen penting dalam tubuh. Sedikit saja ada masalah pada tulang punggung maka aktifitas akan terganggu. Misalnya kita tidak dapat berjalan dengan tegap. Salah satu cara untuk membantu tulang punggung tetap kuat, elastis, dan sehat adalah dengan melakukan olahraga ini.

7. Membantu terapi masalah pernapasan

Pada saat melakukan olahraga ini, terjadi pembukaan pada rongga dada sehingga penyaluran oksigen pada paru-paru pun meningkat. Oleh karena itu, olahraga ini disarankan untuk terapi penderita asthma.

8. Membakar kalori

Gerakan kayang dapat mengatasi perut buncit dan mengencangkan kulit perut karena gerakan ini dapat membakar kalori jauh lebih banyak.

9. Menghilangkan stress

Gerakan ini merupakan salah satu bagian dari yoga dimana sangat efektif untuk menghilangkan stress dan mengembalikan ketenangan pikiran.

10. Menjaga kebugaran jasmani

Setiap olahraga tentunya sangat bermanfaat untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin maka tubuh kita akan menjadi sehat, bugar dan selalu bersemangat.

5 Manfaat Kayang untuk Kesehatan Tubuh :

  1. Memberi energi positif
  2. Mengobati patah hati
  3. Menjaga dan meningkatkan kualitas fisik secara keseluruhan
  4. Membantu dan menjaga pertumbuhan otot
  5. Melatih kelincahan tubuh

Baca Juga: 8 Manfaat dan Khasiat Prisoner Squat Bagi Kesehatan Tubuh

Meski kayang menawarkan banyak manfaat, namun ada juga orang-orang yang tidak mendapatkan manfaat dari olahraga ini. Hal ini disebabkan karena mereka melakukan kesalahan-kesalahan saat melakukan kayang. Untuk mendapatkan manfaat kayang secara maksimal, ada beberapa kesalahan yang sebaiknya tidak dilakukan. Beberapa kesalahan yang perlu dihindari saat melakukan olahraga ini adalah sebagai berikut:

  1. Jarak kaki dan tangan yang terlalu jauh
  2. Siku-siku bengkok karena kekakuan sendi siku dan bahu
  3. Badan kurang melengkung karena bagian punggung kurang lentur dan otot perut kaku.
  4. Kepala terlalu menengadah
  5. Kurangnya keseimbagan

Nah itulah 15 manfaat kayang bagi kesehatan tubuh yang berhasil kami rangkum dalam artikel ini. Setelah mengetahui manfaat kayang yang begitu banyak, akan ada baiknya anda segera mencoba sehingga dapat merasakan manfaatnya.

Namun, sebelumnya akan lebih baik jika anda konsultasi terlebih dahulu atau latihan langsung dibawah bimbingan instruktur yang sudah berpengalaman agar tetap aman dan tidak menimbulkan bahaya. Anda juga dapat melihat khasiat olahraga lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Olahraga

RSS Manfaat Terbaru

Khasiat Dan Manfaat Terbaru

Copyright © 2017 Khasiat.co.id

To Top