25 Manfaat dan Khasiat Sayuran Kering untuk Kesehatan
Connect with us

25 Manfaat dan Khasiat Sayuran Kering untuk Kesehatan

close

Sayur

25 Manfaat dan Khasiat Sayuran Kering untuk Kesehatan

Loading...

Khasiat.co.id – Sayuran Kering merupakan nama jenis sayuran yang diproses secara khusus untuk menghilangkan kadar airnya sehingga menjadi kering. Cara pengeringan dapat dilakukan dengan cara konvensional menggunakan bantuan sinar matahari, maupun cara modern dengan mesin pengering.

Apakah anda pernah melihat sayuran kering? Pastilah anda pernah melihatnya, kan? Ya, sayuran jenis ini memang bisanya dijual di supermarket dalam box khusus sayuran kering. Kita bisa melihat beberapa jenis sayur yang dikeringkan dan dijual dengan sistem kiloan, seperti kentang kering, wortel kering, jagung manis, bahkan bayam kering juga ada.

Manfaat dan Khasiat Sayuran Kering

Untuk para penggemar sayuran, pasti sering mikir, apakah sayuran kering ini baik untuk kesehatan? Apa kandungan gizinya masih ada, padahal kan sudah kering? Nah, kami akan coba menjawab pertanyaan itu. Begini, sebenarnya teknik pengeringan sayuran dilakukan hanya untuk menghilangkan atau setidaknya meminimalisir kandungan air di dalam sayuran, supaya tidak cepat ditumbuhi miroorganisme penyebab sayur busuk. Karena mikroorganisme akan tumbuh pada sayuran yang berkadar air tinggi, apalagi jika mengandung karbohidrat tinggi pula.

Jelaslah sayuran kering masih memiliki kandungan nutrisi. Hanya saja tidak bisa dibandingkan dengan sayuran segar yang masih sangat kaya. Gizinya ada, tapi tidak sebanyak sayuran segar. Namun, tetap bermanfaat kok untuk kesehatan, seperti yang terurai di bawah ini penjelasan manfaat sayuran kering:

1. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung dapat dicegah dengan anda banyak konsumsi sayuran kering. Mengapa bisa terjadi? Karena sayuran ini rendah lemak dan tidak perlu memasak terlalu banyak gunakan minyak. Lemak atau minyak kerap dianggap sebagai biang kerok dari serangan jantung.

2. Menghindarkan dari Kolesterol

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh manusia. Namun bila jumlahnya terlalu banyak tentu saja membahayakan organ tubuh manusia, terutama jantung dan pembuluh darah. Kalau kolesterol kadung naik terus, takutnya nanti jadi hipertensi dan strok. Sebelum kejadian mengerikan ini terjadi, hindari segera dengan banyak konsumsi sayuran kering.

3. Mengurangi Timbunan Lemak

Anda bisa mencoba menambahkan sayuran kering ke dalam masakan anda. Misalnya saat membuat nasi goreng. Selain praktis, sayuran kering juga mudah dicerna oleh tubuh manusia karena sudah dipotong-potong. Kandungan lemaknya juga sudah banyak berkurang.

4. Menambah Stamina

Sayuran Kering juga bisa menambah stamina anda loh! Tidak percaya? Coba saja tambahkan segenggam wortel kering dan daun bawang kering ke dalam masakan nasi goreng anda. Pasti rasanya stamina jadi bertambah kuat. Tidak loyo lagi.

5. Membuat Nafsu Makan Jadi Meningkat

Sayuran kering juga akan meningkatkan nafsu makan anda. Jenis sayuran ini rasanya cenderung begitu giurih dan krispi sehingga anda tidak perlu repot-repot menambahkan aneka bahan kalau memasaknya.Memasak denganc ara sederhana pun bisa bikin nafsu makan melejit.

6. Mengobati Pusing dan Pening

Kalau anda sedang pusing dan pening karena masalah kehidupan ini. Coba goreng saja 1 kilogram kentang kering. Makan bersama cocolan saos tomat dan cabai. Wah, pasti pusing dan pening hilang seketika.

7. Mengatur Keseimbangan Cairan di dalam Tubuh

Kekurangan maupun kelebihan cairan di tubuh tidaklah baik. Kalau kekurangan, maka tubuh bisa dehidrasi. Namun sebaliknya kalau kelebihan, maka tubuh akan mengalami pembengkakan. Nah, sayuran kering ini dipercaya bisa mengartur keseimbangan cairan dalam tubuh, supaya anda sehat.

8. Makanan Diet yang Sehat dan Aman

Jika anda sedang menjalani diet yang super ketat, mungkin sering bingung harus makan apa. Tidaklah mungkin tiap hari berpuasa 24 jam, karena manusia butuh makan. Cobalah masukkan menu sayuran kering ke dalam menu makan anda. Ini akan sangat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral para pelaku diet.

9. Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin C, D, B, A, dan lain-lain di dalam sayuran ini sesungguhnya sangat baik untuk memnutrisi kulit anda. Supaya tetap awet muda dan merona.

10. Detoksifikasi Racun di dalam Tubuh

Sayuran kering juga membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Sehingga anda pun sehat selalu.

Baca Juga: 25 Manfaat dan Khasiat Sayuran Merah untuk Kesehatan

Seperti itulah manfaat sayuran kering untuk kesehatan. Banyak sekali, ya? Tapi jangan puas dulu karena masih banyak manfaat lainnya di bawah ini:

15 Manfaat Sayuran Kering yang Lainnya:

11. Mengeluarkan Hormon Dopamin

12. Menambah Hormon Adrenalin

13. Mencegah Stress

14. Melancarkan Pencernaan

15. Lancarkan Peredaran Darah

16. Membuat Tubuh Jadi Langsing

17. Mentrisi Otak

18. Menambah Massa Otot

19. Percepat Penyembuhan Luka

20. Mengurangi Resiko Kanker

21. Turunkan Trigliserida

22. Merangsang Hormon Serotonin

23. Menjernihkan Bola Mata

24. Membuat Tubuh Jadi Bugar

25. Hilangkan Letih dan Lesu

Cukup sekian yang dapat kami sampaikan di artikel ini. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat menambah wawasan anda di bidang kesehatan, terutama nutrisi makanan. Tetap kunjungi website kami di www.khasiat.co.id supaya anda menjadi lebih bijaksana dalam memilih dan memilah makanan.

Loading...

Continue Reading

More in Sayur

RSS Manfaat Terbaru

Khasiat Dan Manfaat Terbaru

Copyright © 2017 Khasiat.co.id

To Top