28 Manfaat dan Khasiat Sayuran Umbi untuk Kesehatan
Connect with us

28 Manfaat dan Khasiat Sayuran Umbi untuk Kesehatan

close

Sayur

28 Manfaat dan Khasiat Sayuran Umbi untuk Kesehatan

Loading...

Khasiat.co.id – Sayuran tidak selamanya berbentuk dedaunan. Kita bisa menemukan sayur yang ternyata wujudnya akar, bunga, biji, batang, buah dan tentunya adalah umbi. Tahukah kamu apa itu sayuran umbi? Ini adalah sayuran umbi-umbian, dalam arti yang dimanfaatkan adalah umbinya.

Definisi Umbi sendiri yaitu bagian tubuh tanaman yang mengalami perubahan bentuk menjadi menggembung, umumnya pada bagian akarnya. Namun bisa pula pada batangnya. Contoh sayuran umbi, seperti: Kentang, Wortel, Bawang Merah, Lobak, dan Suweg. Umbi terbagi menjadi 4 jenis: umbi akar, batang, lapis, dan udara.

Manfaat dan Khasiat Sayuran Umbi

Manfaat sayuran Umbi untuk kesehatan tentu saja ada banyak sekali. Ambillah contoh Kentang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa mempercepat penyembuhan luka di tubuh anda. Kandungan natrium dan kalium pada Kentang juga diyakini bisa mengobati hipertensi.

Di bawah ini kami telah menyusun daftar 28 Manfaat dan Khasiat Sayuran Umbi untuk kesehatan. Silahkan dibaca dengan saksama!

1. Memiki Kadar Vitamin C yang Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sayuran umbi ini kaya sekali dengan vitamin C. Jumlahnya rata-rata 40 mg/100 gr. Maka dengan mengonsumsinya, kita akan memperoleh manfaat yang luar biasa, seperti regenerasi sel rusak yang lebih cepat.

2. Mengandung Natrium dan Kalium

Kedua zat ini juga ditemukan melimpah pada umbi. Maka manfaat sayuran umbi pun jadi bisa untuk mengaktifkan hormon dan enzim agar bekerja dengan lebih baik. Memang fungsi dari kedua senyawa itu adalah untuk mendorong diproduksinya hormon dan enzim.

3. Membuat Tubuh Jadi Bugar

Kandungan vitamin B1 dalam sayuran umbi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Syaraf yang tegang juga jadi rileks, sehingga membuat tubuh anda terasa bugar.

4. Sebagai Pengganti Karbohidrat

Umbi-umbian sesungguhnya adalah makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti karbohidrat. Dengan memakan sayuran umbi, anda tidak akan lagi bergantung pada nasi. Tentu akhirnya umbi, semacam Umbi Garut, Ketela, Kentang, Ubi, dan Gembili bisa menjadi alternatif pangan.

5. Tinggi Kandungan Patinya

Sayuran Umbi juga mengandung pati yang bisa dijadikan sebagai alternatif pangan. Pati Talas misalnya terdiri dari 28% Amilosa dan 83% Amilopektin. Tentu ini akan sangat bermanfaat untuk perbaikan gizi nasional, jadi penduduk Indonesia tidak selamanya bergantung pada tepung beras dan gandum, namun juga pati.

6. Kaya Asam Amino Essensial

Asam amino essensial adalah sebuah protein utama yang dibutuhkan tubuh manusia agar bisa memproduksi sel-sel. Asam ini tidak dapat dibentuk di dalam tubuh manusia, sehingga keberadaannya harus dipasok dari luar. Sayuran umbi bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan yang kaya asam amino essensial.

7. Kalsium dan Fosfor untuk Tulang dan Gigi

Kesehatan tulang dan gigi juga bisa terjaga dengan mengonsumsi sayuran umbi. Sebab, semua jenis umbi kaya dengan kalsium dan fosfor. Anda bisa mendapatkan manfaat umbi ini misalnya dari Gadung, Ganyong, dan Uwi.

8. Memiliki Kandungan Fitokimia

Fitokimia adalah antioksidan yang penting dalam proses metabolisme dan sistem imun. Sayuran Umbi ternyata kaya dengan Fitokimia ini. Misalnya terdapat pada sayuran lobak, wortel dan suweg.

9. Mencegah Diabetes

Beberapa sayuran Umbi tinggi kadar gulanya, namun tergolong gula yang baik untuk kesehatan, sehingga tidak akan membuat anda terkena Diabetes.

10. Pewarna Makanan Alami

Tahukah anda bahwa mengonsumsi pewarna makanan sintetis dalam waktu lama akan bisa merusak ginjal, hati, dan usus? Anda terancam terkena kanker bila saja tidak mau mengubah hidup buruk makan pewarna makanan yang biasanya bahkan perwarna tekstil ini. Nah, ganti segera pewarna makanan anda dengan sayuran umbi, semacam wortel untuk peroleh warna oranye dan bit untuk warna ungu.

Baca Juga:15 Manfaat dan Khasiat Edamame untuk Kesehatan

Demikianlah beberapa manfaat sayuran umbi untuk kesehatan. Di bawah ini masih ada manfaat lainnya yang tak kalah penting.

18 Manfaat Sayur Umbi untuk Kesehatan:

11. Mengandung Vitamin B2

12. Cegah Kanker

13. Menurunkan Kolesterol

14. Menghilangkan Edema

15. Menguatkan Akar Rambut

16. Menyehatkan Mata

17. Mencerdaskan Otak

18. Menghaluskan Kulit

19. Menyembuhkan Asam Lambung

20. Obat Pusing

21. Mood Stabilizer

22. Anti Stress

23. Membantu Kerja Jantung

24. Melancarkan Saluran Cerna

25. Lancarkan Peredaran Darah

26. Menambah Jumlah Sel Darah Merah

27. Membantu Tubuh Memproduksi Dopamin

28. Mengaktifkan Hormon Serotonin

Seperti itulah yang dapat kami sampaikan tentang manfaat Sayur Umbi. Terima kasih sudah membaca artikel ini dengan saksama. Semoga bermanfaat!

Loading...

Continue Reading

More in Sayur

RSS Manfaat Terbaru

Khasiat Dan Manfaat Terbaru

Copyright © 2017 Khasiat.co.id

To Top