114 Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar Kuning Bagi Kesehatan - Khasiat
Connect with us

14 Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar Kuning Bagi Kesehatan

close

Umbi

14 Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar Kuning Bagi Kesehatan

Loading...

Khasiat.co.id – Pada dasarnya ubi jalar memiliki berbagai jenis ataupun varietas mulai dari ubi jalar putih, ubi ungu, ubi cilembu, ubi madu, dan juga ubi jalar kuning . Kali ini kami akan membahas tentang ubi kuning yang memang mengandung berbagai khasiat alami untuk kesehatan. Seperti yang sudah diketahui jika ubi jalar mempunyai banyak sekali nutrisi yang terkandung, sehingga manfaat ubi jalar sangat banyak untuk kesehatan.

Nah, khusus ubi jalar berwarna oranye yang sering kita jumpai, ubi jalar kuning mengandung banyak beta-karoten. Biasanya ubi jalar ini dikonsumsi dengan cara direbus atau dibakar. Untuk ukuran satu buah cangkir (328 g) dari ubi jalar yang direbus tanpa kulit. Ubi kuning ini juga bisa diolah menjadi berbagai resep masakan yang enak. Mulai dari roti, kemudian ubi kukus, hingga keripik yang bisa dinikmati dengan rasa original. Karena, tanpa melalui proses penggulaan keripik ubi kuning itu sudah terasa manis. Berikut beberapa manfaat dan khasiat ubi jalar kuning untuk kesehatan…

1. Baik untuk kesehatan mata (Vitamin A – 1033 % AKG)

Warna daging buah dan sayuran yang menarik menunjukkan bahwa ada kandungan penting. Warna daging pada ubi jalar menunjukkan terdapat vitamin A dalam bentuk beta-karoten. Jadi jika Anda ingin mendapat kesehatan penglihatan yang baik, Anda bisa mengonsumsi ubi kuning.

2. Menjaga kesehatan gigi dan gusi (Vitamin C – 70 %AKG)

Vitamin C merupakan kandungan yang terdapat pada ubi kuning. Terdapat 70 %AKG vitamin  C untuk mencegah gigi longgar dan gusi berdarah. Jadi, dengan rutin mengonsumsi ubi kuning Anda akan memiliki gigi kuat dan gusi yang tetap sehat.

3. Menguatkan tulang (Mangan – 44 %AKG)

Apakah Anda ingin mencegah osteoporosis? Maka ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sempurna untuk mencegah osteoporosis. Kenapa? Karena ubi jalar mengandung mangan, yaitu mineral yang memainkan peran penting dalam metabolisme tulang.

4. Mengatur kadar kolesterol (Fiber – 33 % AKG)

Ubi kuning juga kaya akan kandungan serat, sebuah karbohidrat yang terbukti untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan merupakan sumber serat yang penting.

5. Menjaga kesehatan jantung (Vitamin B6 – 27 % AKG)

Vitamin B6 yang terkandung di dalam ubi kuning mampu membantu mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Tingkat homosistein yang tinggi dalam darah berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Mengontrol tekanan darah (Potasium – 22 % AKG)

Buah-buah atau sayuran yang mengandung potasium adalah makanan yang baik untuk mencegah hipertensi. Jika Anda ingin menjaga tekanan darah dalam keadaan normal, maka kita bisa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan potasium atau Anda bisa makan ubi jalar.

7. Berguna untuk melawan stress

Ubi kuning ternyata kaya akan kandungan asam pantotenat, yaitu vitamin B yang memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon stres. Hal ini diyakini bahwa ketika seseorang menjadi stres, asam pantotenat dalam tubuh digunakan, oleh karena itu kita harus menjaga kadar asam pantotenat kita tetap cukup.

8. Mencegah keriput (Vitamin E – 15 %AKG)

Nah ini adalah kabar baik bagi kaum wanita, karena ubi jalar juga kaya akan kandungn vitamin E, Vitamin E telah dikenal baik karena manfaatnya dalam mencegah penuaan kulit. Alpukat dan kiwi juga kaya akan kandungan vitamin E.

9. Menstabilkan kadar gula darah (Magnesium – 15%AKG)

Magnesium adalah mineral peringkat keempat yang paling banyak terdapat dalam tubuh, namun hanya sedikit orang yang menyadari manfaatnya. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi diet tinggi magnesium sangat jarang terkena tipe 2. Tamarin, buah pir dan nangka adalah salah satu sumber magnesium tertinggi dalam dalam buah-buahan.

10. Membantu tubuh menghasilkan energy (Zat besi – 13 %AKG)

Jika Anda telah merasa lelah dan lemah, mungkin tubuh Anda membutuhkan  lebih banyak zat besi. Dengan demikian Anda bisa mengonsumsi ubi kuning ini karena, ubi kuning memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Baca juga: 14 Manfaat dan Khasiat Ubi Madu Bagi Kesehatan

4 Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar Kuning Untuk Kesehatan Lainnya:

  1. Membantu kekebalan tubuh
  2. Bantu atasi kanker
  3. Mengatasi peradangan
  4. Atasi bronkitis dan asma

Itulah beberapa manfaat ubi jalar kuning yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Di sejumlah daerah, ubi kuning kerap dijadikan sumber makanan pokok atau camilan yang menemani saat minum teh, kopi, atau bajigur di sore hari. Untuk camilan, ubi bisa dikukus, goreng, atau dibuat aneka penganan, yang pasti sangat lezat. Sayangnya, panganan dari ubi kuning ini belum menjadi makanan favorit kebanyakan orang. Masih banyak yang menganggap remeh ubi kuning. Anda bisa membaca artikel umbi lainnya….

Loading...

Continue Reading

More in Umbi

RSS Manfaat Terbaru

Khasiat Dan Manfaat Terbaru

Copyright © 2017 Khasiat.co.id

To Top